--> 12 CARA INI MEMBUAT KAMU MENJADI LEBIH BAIK HANYA DALAM 12 BULAN | HMR TALKING PERSONAL

Talking Personal

Wednesday, April 3, 2019

12 CARA INI MEMBUAT KAMU MENJADI LEBIH BAIK HANYA DALAM 12 BULAN

| Wednesday, April 3, 2019
Sebenernya postingan kali ini juga terinspirasi dari hasil explore admin di dunia maya lebih tepatnya di Pinterest. Karena menurut admin ini website bener-bener sesuai yang admin baca dimana-mana, "Mau dapet inspirasi lebih? Buka Pinterest." yah kira-kira begitu yang admin baca.

12 Cara Ini Membuat Kamu Menjadi Lebih Baik Hanya Dalam 12 Bulan - Jadi bagaimana caranya membuat kita menjadi lebih baik dalam 12 bulan?

  1. JANUARI - CUKUPI KEBUTUHAN AIR HARIANMU
    Terdengar sangat simpel dan sepele bukan? Air yang kita maksud disini air putih yah bukan jenis air yang lain. Tapi tahukah teman-teman pembaca sekalian bahwa ada satu penelitian yang mengatakan bahwa minum air putih bisa MENURUNKAN BERAT BADAN. Air Putih  membuat kita merasa lebih kenyang ditambah lagi air putih juga bisa mengeluarkan racun-racun yang ada dalam tubuh. Cukup minum 8 gelas per hari, tapi jika kalian masih merasa haus minum lagi. Kalo Admin sendiri biasanya minum 4 liter per hari karena admin termasuk orang yang aktif berolahraga.
  2. FEBUARI - MAKAN TERATUR
    Lihat point pentingnya "MAKAN TERATUR". Jadi kalo temen udah biasa makan 3x sehari yah lakuin, udah biasa makan 5x sehari yah makan. Tapi tetep inget makan lah sebelum lapar dan berhentilah sebelum kenyang. Meskipun temen-temen sekalian lagi diet yah tetep makan teratur. Diet juga ada jadwal makannya kali. Kalo diet nggak makan sama sekali namanya BuDir (Bunuh Diri). Dan jangan lupa kalo mau gedein badan besarin kalori yang masuk daripada kalori yang keluar. Begitu juga sebaliknya. Yang belum ngerti cari di Google deh, nanti kita bantu share juga di artikel yang berikutnya.
  3. MARET - TIDUR YANG CUKUP
    Percayalah temen-temen tidur cukup itu enak banget. Badan terasa seger, fokus terjaga, sehat, otot cepet jadi (bagi yang suka gym), masih banyak lagi manfaatnya tidur yang cukup. Temen-temen bisa share manfaat tidur cukup yang temen rasain di kolom komentar yah. Begitu juga sebaliknya, yang admin rasain pas tidur kurang badan lebih lemes, bawak kendaraan gak konsen, ngomong sama orang dan ngelakuin sesuatu bawaannya nggak fokus, mata ngantuk, wajah kurang enak di liat, penuaan dini, dll. Nanti share juga deh pengalaman temen-temen di kolom komentar. Biar kita bisa saling berbagi pengalaman baik dan buruk. Yang baik diambil yang buruk dijadiin pelajaran.
  4. APRIL - BUAT CATATAN APA SAJA YANG SUDAH KAMU MAKAN
    Terdengar agak sedikit ribet kali ini ya? Tapi tenang kalo udah terbiasa nggak kok. Manfaatnya untuk apa buat catatan apa saja yang sudah kita makan? Tentu saja untuk mengontrol apa saja yang kamu makan. Sehingga kalo mau menurunkan dan menaikkan berat badan jadi lebih mudah. Kalo admin sendiri biasanya buat catetan ini dari aplikasi Android Namanya MyFitnessPal. Cara pakeknya gimana? Nanti kita share lagi di artikel berikutnya yah, kalo mau di bahas di sini juga kayaknya jadi terlalu panjang.
  5. MEI - MULAI BIASAKAN KEMBALI UNTUK BERJALAN KAKI
    WTF min? Jalan kaki? Ya elah, admin juga mau sharing tentang jalan kaki nggak dari Monas ke Ampera juga. Maksudnya disini cukup 5x dalem seminggu, 30 menit dalam sehari. Dan atau bisa juga di bagi jadi 10 menit x 3 dalam sehari. Terserah deh jalan dimana aja asal jangan cuma jalan dari kamar ke dapur trus makan dan tidur.
  6. JUNI - MULAILAH MAKAN BUAH DAN SAYUR
    Buah dan Sayur adalah makanan yang rendah lemak dan tinggi serat. Isilah setengah piringmu dengan sayur dan buah. Tapi jujur admin biasanya cuma pakek sayur di piring, kalo buah biasanya admin makan pas waktu luang atau pas lagi laper tapi belum masuk jam makan.
  7. JULI - KURANGI ISI PIRINGMU
    Mata kita terkadang ingin mengambil makann yang lebih dari perut dan tubuh kita butuhkan. Tapi kembali lagi ke tujuan awalmu. Terkadang ketika kita sedang membangun otot tubuh memang makan lebih banyak tapi bukan karbohidrat melainkan protein. Kita tinggal di Indonesia dengan mayoritas makanan utamanya nasi, terkadang suka tidak puas makan walaupun makanan sudah banyak kalau tidak pakai nasi. Admin juga pas awal-awal ngurangin makan nasi jadi setengah porsi emang susah dan masih suka ketagihan sama nasi padahal kan nasi itu rasanya cenderung tidak ada rasa tapi entah kenapa pas kita makan ayam geprek sambel pakek nasi putih nikmatnya jadi berkali-kali lipat wkwwkwk... Inget aja tujuan awal buat lebih sehat nanti juga terbiasa untuk ngurangin isi piringnya terutama karbohidrat.
  8. AGUSTUS - KURANGI MAKANAN YANG TERLALU BERLEMAK
    Yang dimaksud lemak disini lemak jahat yah. Sebenarnya kita semua juga sudah tahu kalau makanan yang terlalu banyak mengandung lemak jenuh itu tidak baik untuk kesehatan, mungkin karena sifat kita sebagai manusia yang cenderung lebih tergoda dengan kenikmatan yang sesaat kali yah. wkwwk Emang bener sih tapi makanan yang banyak mengandung lemak itu rata-rata enak di lidah. Makanya disini admin share nya untuk bulan agustus cukup dengan KURANGI bukan TIDAK SAMA SEKALI. Kita makan sehari-hari juga boleh kok makan yang berlemak tapi HARUS di imbangi dengan makanan sehat. Contoh siang makan fastfood (Mie Instan, dll) tapi makan malam harus jadi clean food (Gado-gado, capcay, telur, dll). Inget yah yang di share disini cuma sepengalaman admin, bukan berarti mutlak harus diterapkan dikehidupan kalian.
  9. SEPTEMBER -  CARI TEMAN UNTUK BEROLAHRAGA
    Punya partner saat berolahraga bisa meningkatkan motivasi kita untuk latihan. Membuat latihan kalian jadi lebih menyenangkan. Tapi kalo belum punya temen untuk diajak olahraga bareng yah olahraga sendiri dong, jangan jadiin alasan untuk tidak berolahraga. Banyak alternatif lain untuk meningkatkan motivasi dalam berolahraga. Admin biasanya search di Youtube "Fitness Motivation" nanti muncul tuh daftar videonya, tinggal di tonton aja sampe termotivasi kembali sambil di inget-inget tujuan kita awal adalah untuk menjadikan diri kita jadi lebih baik dari sebelumnya. Yang sebelumnya gak pernah olahraga jadi olahraga, yang sebelumnya kelebihan berat badan jadi Ideal, yang sebelumnya Kurus jadi ideal, yang sebelumnya ideal jadi tambah seksi.
  10. OKTOBER - NIKMATI MAKANANMU
    Zaman digital sekarang kalau makan sepertinya kurang pas kalau nggak ada tontonan atau gadget yang dimainin. Cobalah untuk menikmati makananmu ketika kamu lagi makan, kan cuma bentar saja waktu yang kita perlukan untuk menghabiskan makanan. Lagipula kalau kita makan sambil nonton atau mainin gadget yang harusnya kita sudah cukup untuk porsi yang sudah tersaji malah jadi terasa kurang. Cobalah juga untuk mengunyah sebanyak 33 kali sebelum ditelan karena manfaatnya banyak sekali. Nanti kita bahas juga di artikel berikutnya.
  11. NOVEMBER - MATIKAN SEJENAK GADGETMU
    Penelitian menunjukkan bahwa terlalu banyak menggunakan gadget atau perangkat elektronik lainnya bisa meningkatkan tingkat depresi, stres, dan insomnia. Cobalah untuk menjadwalkan waktu untuk tidak menggunakan gadgetmu dan gunakan waktumu untuk berkomunikasi dengan orang disekitar kalian. Coba dulu deh misal lagi kumpul ajak semuanya untuk tidak menggunakan gadget, nikmatin deh sharing kalian tanpa gadget. Percaya deh kalian pasti banyak sekali yang bakal diceritain ke perkumpulan kalian.
  12. DESEMBER - JANGAN LEWATKAN MAKANANMU
    Sebelumnya kita sudah makan teratur apakah dibulan ini masih teratur? Kalau masih cobalah pertahankan jangan sampai tugas, game, dan film mu membuatmu untuk menunda atau bahkan sampai membuatmu melewatkan jadwal makanmu.
Perubahan itu memang sulit, terutama membentuk kebiasaan baru yang positif. Menurut para peneliti di University of London, dibutuhkan rata-rata 66 hari untuk membentuk kebiasaan baru. Cukup dengan 1 perubahan pada diri kalian dalam satu bulan kalau bisa lebih yah silahkan, tapi apakah bisa konsisten? Kunci dari membentuk kebiasaan adalah konsisten.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment