--> 15 CARA YANG BISA KITA LAKUKAN KETIKA KITA SEDANG MENGALAMI SAKIT KEPALA | HMR TALKING PERSONAL

Talking Personal

Tuesday, April 2, 2019

15 CARA YANG BISA KITA LAKUKAN KETIKA KITA SEDANG MENGALAMI SAKIT KEPALA

| Tuesday, April 2, 2019
Based on True Story...

15 Cara Yang Bisa Kita Lakukan Ketika Kita Sedang Mengalami Sakit Kepala - Baru-baru ini saya mengalami sakit kepala yang luar biasa. Saya pikir itu adalah gejala penyakit serius. Awalnya saya mengalami sakit kepala dan berasa melayang setelah main PUBGM mode FPP. Saya pikir karena itulah saya mengalami sakit kepala karena tidak terbiasa bermain dengan mode FPP. Lalu hari berikutnya saya bermain mode TPP mode yang biasa saya mainkan dan setelah beberapa game masih sama merasa sakit kepala dan seperti kehilangan keseimbangan.

Akhirnya saya memutuskan untuk istirahat sejenak dari bermain PUBGM. Dan saya pikir mungkin bukan hanya karena bermain mode FPP tapi juga karena begadang pada hari sebelumnya. Saya iseng bertanya kepada ke orang tua saya. Kemudian beliau menjawab "Kalu kau tuh dk ngopi" (dalam bahasa palembang yang artinya "Mungkin karena kamu itu tidak minum kopi".

Setelah dipikir-pikir memang saya tidak minum kopi dalam beberapa hari terakhir. Saya iseng mencoba saran dari orang tua saya tersebut. Hasilnya ternyata benar, sakit kepala saya berangsur hilang. Ketika sakit kepalanya datang lagi saya minum kopi lagi sampai 2 hari setelah mendapat saran tersebut sampai akhirnya benar-benar normal lagi.

Lalu saya cari di google apa saja cara mengatasi sakit kepala. Saya menemukan setidaknya ada 15 tips berikut beserta penjelasannya:
  1. Minum air. Terdengar sederhana, tapi kebanyakan sakit kepala diakibatkan karena dehidrasi.
  2. Pijat kulit kepala. Penelitian telah menunjukkan bahwa memijat saraf oksspital yang lebih besar (bagian belakang kepala Anda di dasar tengkorak Anda) dapat meredakan sakit kepala.
  3. Tekan area berselaput di antara ibu jari dan jari telunjuk. Pijat ringan titik sekitar satu menit sebelum beralih ke tangan yang lain.
  4. Melakukan peregangan otot. Sakit kepala seringkali disebabkan oleh ketegangan otot. Peregangan leher sederhana seperti ini bisa membantu meredakan ketegangan otot.
  5. Makan buah semangka. Jika sakit kepala kita disebabkan oleh dehidrasi, makan makanan yang kaya akan air bisa meredakan sakit kepala dengan merehidrasi seluruh tubuh kita. Salah satu makanan yang kaya akan air adalah semangka.
  6. Pijatkan minyak angin ke pelipis, bagian belakang rahang, dan dahi. Minyak angin telah terbukti meningkatkan aliran darah.
  7. Bernapas dalam-dalam. Ketika kita merasakan sakit, tubuh menjadi stress. Bernapas dalam-dalam dapat membantu kita rileks dan bisa meredakan ketegangan.
  8. Minum kopi. Sakit kepala sering terjadi karena sudah terbiasa minum kopi dan kemudian menghentikan pemasukan cafein dalam tubuh secara tiba-tiba. Sakit kepala juga terjadi karena terjadinya perluasan pembuluh darah. Kafein dalam kopi bisa membantu menyempitkan pembuluh darah ini, membawanya kembali keukuran normal. Kebutuhan kafein seseorang bisa berbeda-beda.
  9. Minum cuka sari apel. Encerkan 2 sendok makan cuka sari apel ke dalam segelas air dan tambahkan sedikit madu atau jus lemon agar lebih enak. Cuka sari apel bisa membantu mengemdbalikan keseimbangan asam-basa tubuh dan bisa membantu mengatasi sakit kepala.
  10. Gigit pensil. Gigit pensil tapi tahan untuk tidak mengunyahnya. Menggigit pensil akan mengaktifkan otot senyum, mengendurkan otot rahang. Terkadang kita menggigit gigi saat kita stress dan membuat tegang otot yang menghubungkan rahang dan pelipis sehingga dapat menyebabkan sakit kepala karena tegang.
  11. Minum teh jahe. Jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi rasa sakit.
  12. Oleskan batu es ke pelipis. Arteri yang memasok darah ke lapisan otak berada di belakang tulang tipis di pelipis. Saat kita mengalami sakit kepala, lapisannya meradang, sehingga menurunkan suhu darah yang melewati daerah itu bisa meredakan beberapa denyutan.
  13. Mandi air panas. Biarkan air jatuh melalui belakang leher. Panas merilekskan otot-otot yang tegang, yang juga bisa meringankan rasa sakit yang disebabkan oleh sakit kepala.
  14. Makan sesuatu yang pedas. Cabai mengandung suatu bahan yang disebut Capsaicin, yang memiliki kontrol atas persepsi rasa sakit.
  15. Menenangkan pikiran. Menenangkan pikiran dan memusatkan perhatian dapat mengalihkan perhatian kita dari rasa sakit kepala sampai hilang.
Terimakasih sudah membaca blog ini. Silahkan klik tombol share jika info ini bisa bermanfat juga untuk orang lain.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment