--> MENGENAL SEKILAS TENTANG PERGURUAN PENCAK SILAT (PPS) BEKSI MUTIARA PANCAR (BMP) | HMR TALKING PERSONAL

Talking Personal

Wednesday, May 1, 2019

MENGENAL SEKILAS TENTANG PERGURUAN PENCAK SILAT (PPS) BEKSI MUTIARA PANCAR (BMP)

| Wednesday, May 1, 2019

Mengenal Sekilas Tentang Perguruan Pencak Silat (PPS) Beksi Mutiara Pancar (BMP)
Mengenal Sekilas Tentang Perguruan Pencak Silat (PPS) Beksi Mutiara Pancar (BMP)
Organisasi seni beladiri yang saya ikuti dan akan saya bahas ini bernama Perguruan Pencak Silat Beksi Mutiara Pancar. Kata BEKSI merupakan singkatan dari Berbaktilah Engkau Kepada Sesama Insan.

Mengenal Sekilas Tentang Perguruan Pencak Silat (PPS) Beksi Mutiara Pancar (BMP) - Adapun kata MUTIARA PANCAR merupakan nama dari perguruan, dan H. Hasbullah Tokoh yang mengembangkan seni beladiri Beksi. Tempat dan kedudukan Perguruan Pencak Silat Beksi Mutiara Pancar ini berpusat di Jalan Limo Raya Blok Kramat RT 03 RW 05 Kelurahan Limo, Kecamatan Limo Kota Depok Telpon 081319253717.

Untuk wilayah Depok dan sekitarnya sudah terdapat banyak cabang silahkan di cek di sekolah masing-masing, atau bisa langsung hubungi nomor diatas untuk mengetahui info lebih lanjut tentang cabang Beksi Mutiara Pancar di Kota Depok, Jakarta, Dan sekitarnya.

Namun tidak hanya di kota depok dan sekitarnya, Beksi Mutiara Pancar juga sudah membuka cabang di Luar Pulau Jawa atau lebih tepatnya di Pulau Sumatera yaitu satu di Kota Palembang dan satunya lagi di Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS). Untuk cabang di Kota Palembang itu letaknya di Jalan Macan Lindungan, Lorong Tunggal 3, Nomor 51, RT 01, RW 05, Kelurahan Bukit Baru, Kecamatan Ilir Barat 1, Kota Palembang, 30131.

Jadwal latihan untuk cabang Beksi Mutiara Pancar Kota Palembang yaitu setiap hari Rabu dan Sabtu jam 07.30 WIB sampai dengan jam 21.30 WIB.


ARTI LAMBANG / LOGO PERGURUAN PENCAK SILAT (PPS) BEKSI MUTIARA PANCAR (BMP)

Arti dari Lambang / Logo Perguruan Pencak Silat (PPS) Beksi Mutiara Pancar (BMP) adalah sebagai berikut:

  1. Kepalan Tangan: Kekuatan dan Persatuan.
  2. 9 Mutiara: Menjalin tali silaturahmi yang bermanfaat.
  3. Padi dan Kapas: Padi melambangkan kerendahan hati, sedangkan Kapas melambangkan kesucian dan kemurnian hati.
  4. Tulisan "BEKSI": BEK berarti pertahanan dan SI berarti empat penjuru.
  5. Tulisan "MUTIARA": Keaslian dan kemurnian.
  6. Tulisan "PANCAR": Suatu cahaya yang dilihat dari kejauhan.

 

Perguruan Pencak Silat (PPS) Beksi Mutiara Pancar (BMP) ini berdasarkan Syari'at Islam  dan berideologi pancasila dan UUD 1945. Salah satu tujuan dari Perguruan Pencak Silat (PPS) Beksi Mutiara Pancar (BMP) ini adalah untuk melestarikan salah satu Budaya Betawi juga Nasional dan Prestasi.


APA SAJA SYARAT UNTUK MENJADI ANGGOTA PERGURUAN PENCAK SILAT (PPS) BEKSI MUTIARA PANCAR (BMP)???

Syarat untuk menjadi anggota Perguruan Pencak Silat (PPS) Beksi Mutiara Pancar (BMP) adalah yaitu sebagai berikut:

  1. Setiap Warga Negara Indonesia atau Warga Negara Asing yang berusia minimal 7 tahun yang dapat menyatakan keinginannya dan sanggup mentaati peraturan yang ada dalam AD/ART.
  2. Keanggotaan hanya berlaku untuk 1 (satu) tahun dan untuk selanjutnya dapat diperpanjang melalui daftar ulang anggota.
  3. Untuk calon anggota yang berusia dibawah 17 tahun dilampirkan surat permohonan untuk menjadi anggota Perguruan Pencak Silat (PPS) Beksi Mutiara Pancar (BMP) yang ditandatangani orang tua yang bersangkutan.
  4. Untuk calon anggota yang berusia diatas 17 tahun bisa melampirkan surat permohonan untuk menjadi anggota Perguruan Pencak Silat (PPS) Beksi Mutiara Pancar (BMP) yang bisa ditandatangani sendiri.
  5. Permintaan berhenti menjadi anggota Perguruan Pencak Silat (PPS) Beksi Mutiara Pancar (BMP) harus menyatakan dengan mengajukan surat permohonan.
  6. Seseorang bisa dipecat atau diberhentikan sebagai anggota oleh pengurus jika yang bersangkutan melanggar peraturan Perguruan Pencak Silat (PPS) Beksi Mutiara Pancar (BMP).
  7. Bagi yang telah diberhentikan atau berhenti dari keanggotaan dan mau masuk serta aktif kembali untuk menjadi angggota perguruan, harus mengirim surat pernyataan mengakui kesalahan dan meminta maaf kepada pengurus.
  8. Anggota wajib memakai baju seragam perguruan yang sudah ditetapkan perguruan, yaitu seragam hitam-hitam yang bertuliskan Beksi Mutiara Pancar berwarna kuning dan di dada kiri logo perguruan dan dada kanan logo IPSI serta memakai sabuk (kopel/sabuk haji) berwarna hijau.

 

6 PERATURAN PERGURUAN PENCAK SILAT BEKSI MUTIARA PANCAR

Peraturan-peraturan Perguruan Pencak Silat (PPS) Beksi Mutiara Pancar (BMP) adalah sebagai berikut:

  1. Taat dan patuh pada Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Perguruan Pencak Silat Beksi Mutiara Pancar.
  2. Memiliki kedisiplinan yang tinggi.
  3. Memakai seragam lengkap dalam latihan, baik anggota maupun pelatih.
  4. Saling menghormati sesame anggota.
  5. Tidak diperkenankan mengikuti latihan dalam keadaan mabuk atau dalam pengaruh obat-obatan terlarang.
  6. Tepat waktu pada saat latihan.

 

Nah itulah sekilas tentang Perguruan Pencak Silat (PPS) Beksi Mutiara Pancar (BMP) kami yang tercinta ini. Semoga bagi menjawab pertanyaan kalian yang ingin bergabung tapi masih malu untuk bertanya langsung kepada kepengurusan BMP. 

Mungkin di artikel lain saya akan bahas kembali mengenai Perguruan Pencak Silat (PPS) Beksi Mutiara Pancar (BMP) ini. Silahkan di follow blog ini, kemudian bookmark, dan jangan lupa di share ke media sosial kalian biar temen kalian juga tahu info penting ini.

Jangan lupa juga follow instagram kami di @bmp.palembang dan @beksimutiara.p

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment